Header Ads

diskon harga flash sale

Tips Aman Menggunakan Kartu Kredit

kartu kredit
Pemakaian kartu kredit sebagai alat ganti pembayaran uang tunai dapat menjadi sebuah permasalahan jika tidak dibarengi dengan cara aman untuk menggunakannya. Jika tidak digunakan secara disiplin, berkomitmen tinggi dan bijaksana maka akan menimbulkan bencana keuangan yang cukup besar.

Berikut Tips menggunakan kartu kredit yang aman dan tidak mengganggu keuangan.

  • Menghindar pembayaran tagihan sebesar minimum yang disarankan.
Karena meskipun terlihat meringankan tapi kenyataannya hutang kartu kredit tidak akan terselesaikan. Perlu diketahui bahwa kartu kredit mengenakan sistem bunga berbunga yang justru akan memberatkan keuangan anda. Sangat disarankan untuk membayar secara keseluruhan total pemakaian agar tidak dikenakan bunga perbulannya.
  • Membayar tagihan tepat waktu. 
Bila tidak, bayangan akan denda akan dikenakan pada bulan berikutnya yang bisa saja menambah beban bunga yang seharusnya tidak perlu terjadi. Hindari membayar pada detik-detik terakhir yang dapat membuat biaya administrasi kian membengkak.
  • Menghindari diri untuk membawa kartu kredit dalam jumlah berlebihan. 
Lebih baik, bawa sejumlah uang yang dibutuhkan dalam bentuk uang tunai atau kartu debit guna menghindari pemakaian yang berlebihan yang akhirnya akan menimbulkan resiko belanja impulsif.

  • Melakukan negosiasi dengan pihak bank mengenai jadwal pembayaran sesuai dengan tanggal kemampuan. 
Hal ini bertujuan untuk menghindari dari keterlambatan serta ketidakmampuan dalam membayar tagihan yang akhirnya akan membuka peluang untuk terjadinya kredit macet. Biasanya, pihak bank akan bersedia menerima negosiasi tersebut dan mengatur ulang jadwal sesuai dengan permintaan si nasabah.

Jadi, dengan beberapa tips sederhana tentang bagaimana menggunakan kartu kredit yang aman diharapkan tidak akan terjadi sesuatu hal yang dapat mengganggu kehidupan terutama dari sisi keuangan. Satu hal yang pasti adalah tetaplah berlaku bijak dengan tidak mudah tergiur dengan segala promosi yang ditawarkan baik melalui kartu kredit itu sendiri maupun pusat perbelanjaan.

Sumber: http://www.gokartukredit.com/tips-aman-menggunakan-kartu-kredit