Header Ads

diskon harga flash sale

Tentang Bunga Kartu Kredit

kartu kredit bca
Dibalik kemudahan dalam menggunakan kartu kredit terselip satu momok yang menakutkan yaitu adanya bunga kartu kredit dimana dalam aplikasinya akan dikenakan kepada mereka yang tidak membayar tagihan sejumlah pemakaian. Awalnya, bunga yang diberikan oleh pihak perbankan ini terbilang kecil sekitar 2,5% hingga 3,2 % tergantung dari jenis transaksi yang dilakukan apakah pembelanjaan atau penarikan uang tunai.

Namun, seiring dengan pemakaian, suku bunga kartu kredit tersebut menjadi sangat berat terutama jika terlibat hutang kartu kredit. Sebagai pengguna kartu kredit, mengetahui bunga yang dikenakan pada satu bank penerbit mutlak diketahui guna mencegah terjadinya kesalahpahaman akan metode pembayaran.Hal ini penting agar ketetapan bunga berbunga tidak terjadi yang justru akan menyulitkan si pengguna kartu untuk melunasi tanggung jawabnya.
kartu kredit mandiri


Di sisi perbankan sendiri, pemberian bunga kartu kredit lebih ditujukan guna menarik calon nasabah untuk menggunakan kartu yang mereka terbitkan di tengah ketatnya persaingan antar bank tersebut. Untuk itu, guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihak Bank Indonesia melakukan pengawasan yang cukup ketat terhadap suku bunga yang diberikan agar konsumen tidak terjerumus ke dalam praktek konsumerisme yang dapat membahayakan struktur perekonomian.

Pihak AKKI atau Asosiasi Kartu Kredit Indonesia pun dengan keras berupaya untuk menjelaskan secara rinci tentang bunga kartu kredit yang dikenakan jika transaksi terjadi. Ini disebabkan masih banyak pengguna kartu tersebut tidak memahami atau tidak mengetahui besaran bunga yang dikenakan terlebih untuk dua pemakaian yang berbeda yaitu retail dan tarik tunai.
kartu kredit


Sebagai pengguna yang bijak, perlu kiranya membekali diri terlebih dahulu tentang bunga yang dikenakan sebelum mengajukan aplikasi pembuatan kartu kredit. Bila dirasa mampu dengan ketetapan tersebut, juga bukan berarti penggunaanya tidak dilakukan dengan cermat. Terlebih, di tahun 2013 nanti pihak Bank Indonesia berencana menurunkan suku bunga dari setiap kartu kredit yang ada di Indonesia.

Ada berbagai media yang dapat digunakan untuk menggali informasi tersebut seperti surat kabar lokal, majalah ekonomi hingga berbagai situs di dunia online yang membahas seputar bunga kartu kredit.

Sumber: http://www.gokartukredit.com/tentang-bunga-kartu-kredit