Yamaha V-Ixion sebagai pemimpin pasar motor sport di Indonesia kedatangan lawan berat dari Honda. Semua sudah tahu, kuda hitam dari pabrikan sayap mengepak ini bernama
CB150R, hadir menawarkan desain dan teknologi unggulan. Tapi Yamaha enggak tinggal diam, lewat
New V-Ixion Lightning masyarakat dicoba tidak pindah ke lain hati.
Dari pada penasaran yuk kita bandingkan desainnya. Mana yang lebih yoi??? lebih keren..!!! lebih ganteng..?!?!? menurut bro semua???
 |
Gambar diambil dari motorplus.otomotifnet.com |
 |
Gambar diambil dari motorplus.otomotifnet.com |
Yang pasti
kedua motor ini punya desain rangka yang berbeda.
New V-Ixion mempertahankan deltabox yang sporty. Desainnya simpel juga berisi karena batang deltabox-nya nampak penuh di bagian bawah tangki. Sedang Honda percaya diri dengan rangka turbular. Selain nampak lebih rumit juga padat karena mesin tidak sekedar menggantung tapi juga ada penahan di bagian depannya.
 |
Gambar diambil dari ridertua.com |
 |
Gambar diambil dari ridertua.com |
Di balik rangkanya, Honda mengadopsi mesin yang platform-nya enggak jauh beda dari
CBR150R, DOHC 4 klep 6 speed beradiator. Bedanya cuma ada tambahan kick starter dan dilepasnya 02 sensor. Sedang Yamaha masih mempertahankan mesin lama, SOHC 4 klep berpendingin air atau radiator 5 speed dan kini injeksinya sudah close loop dengan 02 sensor.
 |
Gambar diambil dari motorplus.otomotifnet.com |
Beralih ke bodi, keduanya sama-sama slim. Tangki-nya langsing dan mudah dijepit paha! Di area tangki Yamaha menghadirkan konsep baru, tutup tangki modern dikawinkan dengan kunci kontak bermagnet yang dipasang di ujung tangki. Desain yang baru untuk motor sport di Indonesia. Shroud-nya lebih lebar dengan sudut berkarakter tegas.
 |
Gambar diambil dari motorplus.otomotifnet.com |
Sedang Honda masih mempertahakan desain tutup tangki mirip Honda Tiger. Kunci kontak bermagnetnya juga didesain mirip sang kakak. Bentuk shroud-nya meminjam desain CB500R yang baru akan diluncurkan minggu ini di EICMA Milan.
 |
Gambar diambil dari motorplus.otomotifnet.com |
Di buntut, Yamaha sukses bikin heboh dengan desain meruncing dan menyamarkan posisi begel menyatu bodi. Honda percaya diri dengan buntut serupa moge tanggungnya, Honda CB400R yang notabene kuda besi JDM (Japanese Domestic Market).
 |
Gambar diambil dari motorplus.otomotifnet.com |
Kaki-kakinya, Honda harus mengakui ukuran roda depan 80/90-17 di depan dan 100/80-17 di belakang masih kalah lebar dari punya
V-Ixion yang sudah 90/80-17 di depan 120/70-17 di belakang. Pelek V-ixion juga sudah 2.15 inci di depan dan 3.5 inci di roda belakang.
 |
Gambar diambil dari motorplus.otomotifnet.com |
Kami menilai New V-Ixion punya kelebihan di sektor panel indikator digital hingga bentuk tangki. Tutup tangki modern dan rumah kunci di ujung tangki menjadi terobosan menarik. Behel belakang yang disamarkan menyatu dengan cover bodi belakang juga menarik perhatian.
 |
Gambar diambil dari motorplus.otomotifnet.com |
Sedang
Honda CB150R hadir dengan rangka turbular yang segar, setidaknya menambah pilihan baru selain deltabox atau model rangka konvensional lainnya. Desainnya juga punya benang merah dengan produk global Honda lainnya yaitu CB500F, pastinya memberikan gengsi tersendiri.
Post a Comment